Rabu, 15 Oktober 2008

Welcome Viking Borneo

SUNGGUH beruntung klub sebesar Persib Bandung. Selain banyak menorehkan prestasi gemilang sejak zaman perserikatan, klub kebanggaan warga Jawa Barat ini juga memiliki pendukung yang luar biasa banyak untuk ukuran klub sepakbola di tanah air.

Tak hanya di Kota Bandung dan daerah lain di Jawa Barat, pendukung Persib yang akrab disebut bobotoh ini juga ada di berbagai wilayah di Indonesia. Pendek kata, bobotoh Persib telah melintas batas hingga ke hampir semua pulau besar yang ada di tanah air.

Di Kalimantan Timur, misalnya, ternyata ada juga bobotoh Persib. Mereka menghimpun diri dalam satu organisasi bernama Viking Borneo. Istilah Borneo sendiri merupakan nama lain dari Pulau Kalimantan.

Menurut penuturan Abe Hedly (21), anggota Viking Borneo, komunitas ini berdiri sejak awal 2007. Hingga kini, anggota resminya mencapai 50 orang. Namun jika digabung dengan anggota yang tidak resmi, bisa mencapai ratusan orang.

“Anggota tidak resmi itu maksudnya mereka yang nggak terdaftar jadi anggota, tapi pas Persib main di Kalimantan, mereka pasti memberikan dukungan. Mereka belum terdaftar karena terbentur kesibukan kerja. Kebanyakan kerjanya di hutan sih,” ujar Abe.

Apa alasan bobotoh dari Kalimantan ini kok mau-maunya bikin organisasi bernama Viking Borneo? Simak penutururan Abe berikut ini, “Yang jelas, kami ini pencinta Persib. Kami membentuk Viking Borneo karena ingin menunjukkan pada dunia bahwa bobotoh Persib tetap eksis di Kalimantan.”

Bagi Abe cs, meski Persib adanya di Bandung, pendukungnya bisa saja berasal dari tempat lain. “Liverpool, Barcelona, atau klub sepakbola Eropa lainnya, pendukungnya berasal dar berbagai negara. Jadi, kalau kami orang Kalimantan mendukung Persib, saya kira bukan suatu hal yang aneh,” tutur Abe.

Anggota Viking Borneo sendiri tak hanya warga asal Jawa Barat, tapi juga mereka yang berasal dari berbagai suku di Kalimantan. Umumnya ketertarikan mereka pada Persib karena sejarah panjangnya dan permainannya yang enak ditonton. (san/tribunjabar)

Tidak ada komentar: